Aplikasi PLN Mobile merupakan bagian dari perubahan besar yang dilakukan oleh PLN untuk memperbaiki pelayanan kepada pelanggan.
Sejak diluncurkan dengan tampilan dan fitur baru pada akhir tahun 2020, PLN terus berupaya untuk memberikan update fitur dan layanan untuk kemudahan pelanggan.
Upaya PT PLN (Persero) untuk memperbaiki layanan kepada pelanggan melalui penyempurnaan aplikasi PLN Mobile, baik pada sisi tampilan maupun fitur aplikasi, telah sukses mendapatkan respon positif dari berbagai pihak.
Dengan menggunakan Aplikasi PLN Mobile dapat memberikan kemudahan dan kecepatan layanan kepada pelanggan PLN ini saat ini bahkan memperoleh rating 4,8 dari 5 di Google PlayStore, dengan sekitar 24,8 juta pengguna dan lebih dari 35 juta ID Pelanggan terdaftar.
Apa itu PLN Mobile
Aplikasi PLN Mobile merupakan bagian dari perubahan besar yang dilakukan oleh PLN untuk memperbaiki pelayanan kepada pelanggan. Sejak diluncurkan dengan tampilan baru dan fitur-fitur terbaru pada akhir tahun 2020, PLN terus berupaya untuk memberikan update fitur dan layanan baru untuk pelanggan.
Kelebihan lain dari PLN Mobile menurut Fakta.id adalah adanya informasi dan update tentang ketenagalistrikan dan PLN. Kita bisa pakai PLN Mobile untuk menerima informasi mengenai pemeliharaan jaringan dapat diterima dengan cepat dan akurat, sementara program dan promo yang ditawarkan tentunya sangat menarik untuk diambil.
Untuk informasi, saat ini, aplikasi PLN Mobile memiliki beberapa fitur utama yang bisa kita pakai gratis, seperti pembelian token bagi pelanggan pra bayar, pembayaran tagihan listrik bagi pelanggan paska bayar, pemantauan penggunaan listrik dan pembelian token.
PLN Mobile juga dilengkapi dengan fitur Electric Vehicle yang mempermudah pengguna untuk menemukan lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terdekat dan mengontrol dan memantau proses pengisian baterai kendaraan listrik di SPKLU.
Cara Download Aplikasi PLN Mobile
Aplikasi PLN Mobile dapat diunduh melalui Play Store bagi pengguna ponsel Android dan App Store bagi pengguna iPhone. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh aplikasi PLN Mobile pada sistem operasi Android atau iOS:
- Untuk mengunduh aplikasi PLN Mobile, buka Play Store atau App Store.
- Alternatif lain, gunakan tautan yang disediakan di bawah.
- Ketikkan kata kunci "PLN Mobile" pada kolom pencarian.
- Pilih tombol "Install". Setelah proses instalasi selesai, klik tombol "Open".
- Terakhir, daftarkan akun Anda dengan mengisi data yang benar.
- Anda sudah bisa menggunakan PLN Mobile.
Play Store: PLN Mobile
App Store: PLN Mobile
Fitur-fitur Aplikasi PLN Mobile
Untuk memenuhi tuntutan layanan masyarakat terhadap listrik mulai dari laporan hingga informasi, PLN mengembangkan berbagai jenis layanan listrik. Berikut beberapa fitur dalam PLN Mobile:
Monitor Pemakaian Listrik Pascabayar
Berapa banyak struk pembayaran tagihan listrik yang sudah kamu simpan dirumahmu? Selain membutuhkan tempat untuk menyimpan, tentunya juga memerlukan banyak kertas. Supaya lebih praktis dan simpel, untuk pelanggan pascabayar, saatnya menggunakan aplikasi PLN Mobile.
Kita bisa pakai aplikasi ini dengan cara yang mudah karena PLN Mobile memiliki fitur riwayat penggunaan listrik yang menunjukkan detail pembayaran tagihan listrik, mulai dari tanggal transaksi, energi listrik yang terpakai (kWh), sampai nominal atau jumlah Rupiah.
Mencatat Angka Meter Mandiri
Kita sering melihat bahwa petugas PLN datang ke rumah-rumah untuk memeriksa meter dan mengambil foto meter sebagai dokumentasi. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dasar perhitungan tagihan listrik dengan kondisi di lapangan.
Namun, untuk membantu tugas mereka, kamu bisa pakai aplikasi PLN Mobile untuk melakukan perekaman angka meter sendiri. Cara pakainya sangat mudah, yaitu dengan mencatat angka meter pada tanggal 24-27 setiap bulannya dan mengunggah foto meteran.
Pengguna Mendapatkan Notifikasi Tagihan
Jika kamu sering terlambat membayar tagihan listrik dan menimbulkan denda, maka ini tidak akan terjadi lagi. Hal ini dikarenakan kamu bisa pakai aplikasi PLN Mobile, kamu sebagai pelanggan PLN akan menerima pemberitahuan otomatis tentang tagihan listrik yang harus dibayar.
Membeli Token dan Membayar Tagihan Listrik
PLN tidak ingin tertinggal jaman dalam hal memberikan layanan pembayaran listrik bagi pelanggan pascabayar. Melalui aplikasi PLN Mobile, pelanggan bisa membayar tagihan listrik dengan cara yang mudah dan cepat.
Sementara, bagi pelanggan prabayar, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas membeli token listrik. Berbagai metode pembayaran tersedia, mulai dari virtual account, debit online, kredit via Doku, atau menggunakan e-wallet seperti LinkAja, Ovo, dan Gopay.
Dengan demikian, pelanggan memiliki kesempatan untuk menikmati beragam promo pembayaran listrik yang ditawarkan oleh platform-platform pembayaran tersebut.
Mengubah Daya Listrik
Bila daya listrik rumahmu saat ini kurang kuat sehingga sering mati akibat pemakaian banyak peralatan elektronik, saatnya untuk mengubah atau menambah daya listrik menjadi lebih besar. Caranya bisa dilakukan dengan pakai aplikasi PLN Mobile. Cukup isi data administrasi, permohonanmu akan diproses oleh PLN.
Monitor Pembelian Token Listrik
PLN membuat aplikasi PLN Mobile yang memiliki beberapa fasilitas untuk mempermudah pelanggan mengakses layanan. Salah satunya caranya adalah membeli token listrik dan melihat riwayat pembelian token. Dengan adanya PLN Mobile, pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan layanan terbaru tentang kelistrikan.
Pengaduan Gangguan dan Keluhan
Untuk memenuhi kebutuhan pelaporan gangguan dan keluhan terkait listrik, PLN menyediakan layanan pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile. Menggunakan layanan ini dipastikan lebih mudah dan cepat, karena aktif selama 24 jam non-stop. Kapan saja pelanggan ingin melaporkan gangguan, bisa pakai Aplikasi PLN Mobile dan pihak PLN akan segera merespons.
Berikut adalah cara untuk melaporkan gangguan listrik melalui aplikasi PLN Mobile.
- Pertama-tama unduh aplikasi tersebut dan lakukan registrasi atau login.
- Setelah itu, pilih menu Pengaduan, kemudian pilih ListriQu Gangguan Instalasi Pelanggan.
- Jawab pertanyaan yang berkaitan dengan masalah yang dialami, baca disclaimer, syarat dan ketentuan dengan seksama, centang "Mengerti" setelah membacanya.
- Anda bisa memeriksa ID pelanggan dan alamat pelaporan akan disesuaikan secara otomatis dengan data yang terdapat pada ID pelanggan.
- Namun, jika alamat pelaporan berbeda dengan yang tercantum pada ID pelanggan, maka laporan bisa dibuat tanpa menggunakan ID pelanggan.
- Pastikan bahwa alamat pelaporan berada dalam jangkauan layanan ListriQu.
- Setelah itu, lengkapi data dengan informasi mengenai lokasi detail alamat pelaporan.
- Masukkan informasi kelompok gangguan dan waktu kunjungan yang diinginkan, serta lampirkan foto jika diperlukan.
- Untuk memastikan bahwa semua informasi yang telah diisi sudah benar, cek semua data dan hitung perkiraan biayanya.
- Setelah itu, centang dan klik "Kirim Pengaduan".
- Anda akan menerima notifikasi tentang nomor order dan dapat memantau status order tersebut.
Petugas PLN akan datang sesuai jadwal yang disepakati, melakukan inspeksi, dan setelah selesai, Anda bisa melakukan persetujuan pekerjaan dan membayar jasa mereka secara tunai.
Informasi Progres Penyelesaian Gangguan
Aplikasi PLN Mobile juga menjadi sarana komunikasi antara PLN dengan pelanggannya. Ketika melaporkan gangguan, pelanggan akan menerima informasi tentang perkembangan penyelesaian masalah. Informasi hanya diberikan pada pelanggan yang terkena dampak saja. PLN Mobile menggunakan teknologi geospasial sehingga posisi setiap pelanggan dapat dikenali dan informasi yang mereka butuhkan dapat dikelola secara tepat.
Informasi Padam dan Pemeliharaan
Ketidaktersediaan listrik secara tiba-tiba sudah menjadi hal biasa. Padahal saat sedang menikmati acara televisi, sedang mengisi ulang baterai ponsel, bekerja, atau melakukan aktivitas lain yang membutuhkan peralatan elektronik.
Anda dapat lebih siap menghadapi pemadaman listrik dengan cara menggunakan aplikasi PLN Mobile. Melalui aplikasi ini, pengguna akan menerima pemberitahuan tentang informasi pemadaman listrik yang telah direncanakan.
Cara Menggunakan Aplikasi PLN Mobile
Jika sudah memiliki akun PLN Mobile, Anda bisa mulai menikmati layanannya. Anda tak perlu lagi datang ke kantor PLN untuk berbagai urusan karena sudah tersedia berbagai layanan yang dibutuhkan pelanggan dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut.
Cara isi saldo atau membeli token listrik di aplikasi PLN Mobile
Menggunakan PLN Mobile, pelanggan juga bisa melakukan pembelian token listrik. Bagi mereka yang menggunakan layanan listrik prabayar, mereka dapat mengisi saldo atau membeli token mulai dari Rp5.000 hingga maksimal Rp1 juta melalui aplikasi tersebut.
Untuk mengisi saldo atau membeli token listrik pakai PLN Mobile, berikut adalah panduan mudah yang bisa Anda ikuti:
- Buka aplikasi PLN Mobile yang terinstall di ponsel Anda.
- Log in dengan akun yang sudah terdaftar.
- Pada halaman utama aplikasi, pilih opsi "Token & Pembayaran".
- Pastikan IDPEL atau nomor meteran yang ingin dibeli token sudah benar.
- Klik opsi "Beli Token".
- Pilih nominal token yang ingin dibeli, lalu pilih "Lanjutkan Pembayaran".
- Pilih metode pembayaran, dan lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tersedia di aplikasi.
Dalam hal pembayaran, PLN Mobile memiliki beberapa pilihan seperti menggunakan nomor virtual akun Bank BCA, Mandiri, BRI, dan BNI atau dengan menggunakan dompet digital seperti Ovo atau GoPay.
Cara Pasang Listrik Baru lewat Aplikasi PLN Mobile
Cara untuk memasang listrik baru menggunakan aplikasi PLN Mobile sangat mudah. Berikut adalah penjelasannya:
- Buka aplikasi PLN Mobile di ponsel Anda dan log in menggunakan akun yang telah dibuat.
- Pada halaman awal aplikasi, klik opsi "Penyambungan Baru".
- Kemudian, pilih opsi "Mulai".
- Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi seperti lokasi, daya listrik yang dibutuhkan, data pelanggan, dan lain-lain.
- Untuk memantau status permohonan pemasangan listrik baru, berikut adalah caranya:
- Buka menu profil dengan mengklik ikon foto profil yang berada di sudut aplikasi.
- Setelah itu, pilih opsi "Daftar Riwayat".
- Terakhir, pilih opsi "Permohonan".
Petugas PLN akan datang ke lokasi yang Anda masukkan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan dan pemasangan listrik setelah Anda mengajukan permohonan pemasangan baru melalui PLN Mobile. PLN berjanji bahwa pemasangan listrik baru akan selesai dengan cepat dalam waktu sehari setelah menerima order dari aplikasi PLN Mobile.
Cara Cek Pemakaian Listrik/Tagihan di Aplikasi PLN Mobile
Untuk memastikan bahwa tagihan listrik sesuai dengan pemakaian, konsumen bisa mengecek pemakaian listrik bulanannya melalui berbagai cara. Beberapa alternatif antara lain melalui aplikasi PLN Mobile, melalui Contact Center PLN, atau melalui website pln.co.id. Berikut adalah cara untuk mengecek tagihan listrik melalui aplikasi PLN Mobile:
- Unduh aplikasi PLN Mobile melalui Google Play Store.
- Setelah aplikasi berhasil diinstal, masukkan akun Anda pada aplikasi tersebut. Jika Anda belum memiliki akun, pilihlah opsi "Daftar" untuk membuat akun baru.
- Isilah data yang dibutuhkan seperti nama lengkap, IDPEL/Nomor Meter, lokasi, nomor handphone, email, dan password sebanyak 6 digit.
- Pada halaman utama aplikasi PLN Mobile, pilih tab "Informasi" dan ketuk "Informasi Tagihan dan Token Listrik".
- Di halaman "Informasi Tagihan dan Token Listrik", terdapat grafik naik-turun yang menunjukkan pemakaian dan jumlah tagihan listrik Anda.
- Garis hijau menunjukkan jumlah tagihan dalam rupiah, sedangkan garis kuning menunjukkan pemakaian listrik dalam hitungan kWh meter.
Dari data yang tersedia pada aplikasi PLN Mobile, Anda bisa melihat besaran tagihan dan memastikan apakah sesuai dengan pemakaian listrik yang sebenarnya.
Cara Cek Status Pembayaran Tagihan Listrik di Aplikasi PLN Mobile
Untuk mengecek tagihan listrik secara online, Anda bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS. Berikut adalah panduan untuk mengecek status pembayaran tagihan listrik menggunakan PLN Mobile:
- Aplikasi PLN Mobile dapat diunduh baik untuk perangkat Android melalui Google Play Store dan untuk perangkat iOS melalui App Store.
- Setelah mengunduh, buka aplikasi PLN Mobile dan lakukan proses registrasi.
- Isilah informasi seperti nama lengkap, ID pelanggan/nomor meter, lokasi, nomor handphone, alamat email, dan password berjumlah enam digit.
- Setelah selesai mendaftar, pilih menu Informasi dalam aplikasi.
- Kemudian, pilihlah submenu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
- Masukkan ID pelanggan atau nomor meter, lalu tekan tombol Cari.
- Tagihan listrik pun akan ditampilkan.
Cara Tambah Daya Listrik lewat Aplikasi PLN Mobile
PT PLN (Persero) terus berusaha untuk memberikan akses pelayanan yang lebih mudah bagi pelanggan, termasuk layanan penambahan daya listrik menggunakan aplikasi PLN Mobile. Caranya juga sangat cepat, sehingga pelanggan tidak perlu datang ke kantor PLN.
Petugas PLN akan langsung memproses permintaan pelanggan dengan datang ke rumah pelanggan. Oleh karena itu, pelanggan dapat menambah daya listrik sesuai dengan kebutuhannya tanpa khawatir tarif akan lebih mahal. Sehingga kegiatan sehari-hari dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kekhawatiran akan pemadaman listrik.
Berikut adalah cara untuk menambah daya listrik melalui aplikasi PLN Mobile:
- Unduh aplikasi PLN Mobile dari Google Playstore atau Apple Appstore.
- Pada halaman utama, pilih opsi "Perubahan Daya".
- Anda akan melihat tahapan proses Perubahan Daya, pilih "Mulai".
- Pilih ID Pelanggan yang sudah terdaftar pada aplikasi PLN Mobile atau masukkan ID Pelanggan atau No Meter lain, kemudian pilih "Lanjutkan".
- Tentukan lokasi dengan memilih koordinat yang sesuai, pilih "Ya".
- Lengkapi data Lokasi sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, kemudian pilih "Lanjutkan".
- Pilih daya baru yang dibutuhkan, jenis koneksi (Pra/Pasca Bayar), peruntukan listrik, kemudian pilih "Lanjutkan".
- Pilih jenis permohonan, untuk diri sendiri atau orang lain. Jika permohonan untuk orang lain, maka data yang diisi adalah "Data Pelanggan" dan "Data Pemohon". Setelah semua data terisi, pilih "Lanjutkan".
- Setelah melakukan permohonan, akan muncul ringkasan data permohonan. Pelanggan juga dapat memasukkan kode voucher promo jika sedang berlangsung program promo. Klik "Kirim Permohonan" untuk melanjutkan.
- Halaman "Syarat & Ketentuan" akan ditampilkan, pelanggan diminta untuk membaca dan memahami dengan cermat sebelum memilih "Setuju".
- Pelanggan akan dialihkan ke halaman pemberitahuan "Permohonan Berhasil" setelah memilih "Setuju". Klik "OK" untuk melihat detail permohonan dan melanjutkan proses pembayaran dengan memilih "Lanjutkan Pembayaran".
- Pelanggan akan dapat memilih metode pembayaran dengan memilih "Ganti Metode Pembayaran".
- Beberapa opsi pembayaran tersedia, seperti melalui dompet digital atau transfer bank melalui virtual account. Pilih salah satu metode yang tersedia dan klik "Bayar" untuk melanjutkan.
Apabila proses permohonan tambah daya dilakukan dengan lancar, pelanggan akan menerima pemberitahuan dari aplikasi PLN Mobile bahwa pembayaran telah berhasil. Dalam waktu 2 hari kerja, petugas PLN akan menghubungi pelanggan untuk menjadwalkan proses penambahan daya.
Petugas akan membuka meter listrik, menggantikan MCB, dan menyegel MCB baru. Proses aktivasi yang mudah dilakukan hanya dengan memasukkan token bernomor 16 digit sebanyak 2 kali.
Cara Cek Lokasi SPKLU melalui Aplikasi PLN Mobile
Mengetahui lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terdekat sangat penting bagi pemilik mobil listrik. Hal ini dikarenakan untuk berjaga-jaga jika baterai kendaraan harus diisi ulang.
Cara agar bisa menggunakan Aplikasi PLN Mobile untuk melihat lokasi SPKLU, konsumen harus menginstal aplikasi terlebih dahulu. Setelah berhasil masuk, konsumen hanya perlu memilih menu “Electric Vehicle”, lalu menu “SPKLU” akan langsung terlihat.
Dalam menu inilah, konsumen dapat melihat daftar lokasi SPKLU terdekat yang bisa dikunjungi. Selain itu, melalui menu “Swap Battery”, konsumen juga dapat melihat lokasi tempat penukaran baterai (Swap Station), meskipun ini hanya berlaku untuk jenis kendaraan tertentu seperti skuter dari Volta atau Smoot.
PLN memanfaatkan peluang ini untuk menunjukkan kesiapannya menyambut era kendaraan elektrifikasi di Indonesia.
Walau layanannya menjadi semakin mudah, jangan sampai melalaikan keselamatan dalam penggunaan listrik. Pastikan kabel pada setiap sudut ruangan sudah berada pada posisi yang benar. Jika terjadi masalah korsleting listrik, segeralah melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile.
Demikian ulasan dari Fakta.id tentang Aplikasi PLN Mobile. Mulai dari cara download, hingga berbagai cara untuk menggunakan aplikasi PLN Mobile untuk mempermudah kebutuhan kita. Semoga Bermanfaat!