Fakta.id

2 Contoh Laporan PKL Perhotelan SMK Singkat dan Lengkap

Mendy - 16-08-2023 07:11
2 Contoh Laporan PKL Perhotelan SMK Singkat dan Lengkap
2 Contoh Laporan PKL Perhotelan SMK Singkat dan Lengkap

Contoh laporan PKL Perhotelan SMK adalah referensi yang sangat membantu para siswa untuk membuat laporan yang benar atas PKL-nya. Selengkapnya ada disini.

Contents [ Buka ]

Setiap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pasti ada yang namanya Praktek Kerja Lapangan (PKL) untuk menunjang skill siswanya. Tidak terkecuali juga dengan siswa SMK dengan jurusan perhotelan. Jika bingung membuat hasil laporan PKL, maka bisa lihat contoh laporan PKL Perhotelan ini.

Contoh laporan PKL oleh siswa SMK Perhotelan ini dibuat dengan ringkas namun lengkap sehingga bisa menjadi acuan bagi para siswa ketika diminta menulis laporan. Setiap PKL yang dilakukan oleh siswa harus dilaporkan agar para guru bisa mengevaluasi kerja siswanya. Inilah contoh laporannya.

Contoh Laporan PKL Perhotelan SMK

Sebagai bagian dari realisasi atas teori yang siswa dapatkan selama bersekolah, maka menjalankan PKL tentu amatlah penting.

Gunakan contoh laporan PKL Perhotelan ini ketika sudah waktunya untuk menuliskan pengalaman apa saja yang didapatkan selama praktek kerja.

BAB 1

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kota Yogyakarta menjadi satu dari sekian kota yang menarik banyak minat wisatawan untuk berdatangan. Menjadi kota yang banyak menarik orang untuk berkunjung, maka perkembangan bisnis di kota ini pun menjadi sangat pesat.

Kota Yogyakarta mulai melakukan banyak pembangunan infrastruktur untuk menunjang kenyamanan para wisatawan ketika datang ke kota ini. Salah satu bentuk pembangunan itu adalah hotel. Hampir di setiap sudut yang ada di kota Yogyakarta sendiri memiliki banyak sekali sarana perhotelan.

Hadirnya hotel di kota Yogyakarta ini membuat wisatawan bisa beristirahat dan bermalam dengan nyaman sambil menyaksikan keindahan kota pelajar satu ini.

Dengan adanya hotel di kawasan Yogyakarta ini, maka siswa SMK Pelajar Indah yang mengambil jurusan perhotelan ini mengetahui bagaimana operasionalisasi yang diterapkan pada hotel ini dalam mengelola dan memanajemen hotel agar membuat orang nyaman ketika bermalam.

Dalam hal ini, penulis melakukan PKL di Hotel Mitra yang terletak di Jalan Karanggayam no. 23, Yogyakarta.

B. Maksud dan Tujuan

Tujuan dengan adanya PKL yang dilakukan oleh penulis adalah:

1.untuk mengaplikasi teori yg telah sudah didapatkan selama bersekolah

2. mengetahui detail apa saja yang perlu dilakukan selama menjalankan KL

3.sebagai sarana untuk memahami bagaimana dunia kerja

C. Tempat dan Waktu Pelaksanaan PKL

Pelaksanaan PKL dilakukan di di Hotel Mitra yang terletak di Jalan Karanggayam no. 23, Yogyakarta. Adapun waktu pelaksanaannya sendiri adalah mula tanggal 25 Januari 2023 hingga 31 Maret 2023.

BAB II

GAMBARAN UMUM HOTEL MITRA TEMPAT PKL

Hotel Mitra berdiri sejak tahun 2013 dan mendapatkan izin untuk mulai beroperasi pada tanggal 11 Januari 2014. Total kamar yang dimiliki oleh Hotel Mitra sendiri adalah 102 kamar dengan rincian kamar standard, deluxe dan family room.

Hotel Mitra sendiri terdiri dari 3 lantai dengan fasilitas yang dimiliki adalah:

· Lobby area

· Restaurant

· Public toilet

· Bar

· Ballroom

· Ruang rapat atau konferensi).

· Fitness & Health center

· Pusat pelayanan bisnis

· Swimming pool

· Guest lift

· Parking Area

· Service Lift

· Back office atau management office

· Employee locker room

· Employee dining room

· Employee corridor

Untuk mendukung operasionalisasi dari Hotel Mitra sendiri, struktur organisasi yang dimiliki hotel adalah sebagai berikut:

Manager Hotel: Bayu Pradna, SE, MM

Operation Leader: Bagas Prakasa, S.Kom

Akunting:Diana Ayu, SE

Engineering: Kalandra Dimas Bayu Setya, S.Tr

Human Resource: Kumala Cahyani, S.Psi

Sales and Marketing: Doni Pradipta, S.I.Kom

Food and Beverage: Ayu Banowati

BAB III

Laporan PKL

A. Kegiatan Kerja

Manager Hotel membawahi beberapa departemen yang meliputi:

· Front Office Department

Front Office Department adalah bagian dari operation leader yang dibawahi oleh Bagas Prakarsa dengan beberapa staf dan tugas kerjanya masing-masing. Pada divisi ini, Front Office Department melakukan pekerjaan dengan melayani tamu hotel.

Bisa dibilang departemen satu ini adalah jantungnya Hotel Amarta karena segala arus informasinya bersumber dari staff yang bekerja di bidang ini. Mereka melayani para tamu yang berdatangan dan menyambutnya dengan seoptimal mungkin.

Staff di bidang ini juga membantu para tamu hotel untuk melakukan reservasi, check in ataupun check out. Menjadi cerminan dari Hotel Mitra, maka staff yang bekerja sebagai front office selalu menjaga kerapian dan keramahannya di depan para tamu yang berdatangan ke Hotel Mitra.

Departemen ini juga bekerjasama dengan bagian lain seperti Engineering atau Food and Beverage ketika ada komplain mengenai AC yang mati, water heater yang tidak menyala atau makanan yang kurang enak untuk disampaikan kepada departemen yang bertanggung jawab.

· Housekeeping Departement

Salah satu bagian yang tidak kalah pentingnya dari operasionalisasi hotel adalah housekeeping. Departemen ini adalah yang bertanggung jawab atas kebersihan hotel. Housekeeping Department sendiri berada di bawah kendali Operation Leader.

Departemen ini setiap harinya membersihkan area publik dan kamar setiap tamu. Setiap pagi dan menjelang jam check ini, maka staff yang bekerja di bidang ini akan menyiapkan beberapa barang meliputi:

· Handuk

· Pillow case

· Shampo

· Sabun

· Matches

· Sheet

Ketika tamu sudah keluar, maka office boy yang bekerja di bidang ini akan segera membersihkan kamar untuk bisa direservasi kembali oleh tamu lainnya. Departemen ini juga bekerjasama dengan bagian engineering apabila ada keluhan dari tamu mengenai hal-hal teknis ketika mereka membersihkan kamar.

B. Hasil yang Dicapai

Selama melakukan PKL di HoteL Mitra, penulis menyadari bahwa bagian pelayanan dan kebersihan hotel sangat berpengaruh terhadap kepuasan para tamu.

Semua bagian atau departemen yang ada di Hotel Mitra saling bekerjasama untuk bisa membuat tamu-tamu suka dengan pelayanan yang sudah Hotel Mitra berikan.

BAB IV

Kesimpulan dan Saran

A. Kesimpulan

Dari hasil PKL yang sudah penulis lakukan, secara garis besar, semua divisi yang ada di Hotel Mitra bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Semua pekerjaan dilakukan dengan maksimal mulai dari bagian akunting, front office, engineering sampai dengan bagian food and beverages.

Manager Hotel melakukan tugasnya dengan sangat baik untuk membantu semua divisi menjalankan setiap tugasnya. Setiap harinya, jumlah tamu yang ada di Hotel Mitra hampir selalu bertambah, terlebih ketika musim liburan.

Dengan jumlah tamu yang selalu bertambah ini menjadi indikasi bahwa layanan yang dimiliki oleh Hotel Mitra sangat memuaskan.

B. Saran

Menurut penulis sendiri, Hotel Mitra masih perlu melakukan evaluasi untuk kebersihan fasilitas yang disediakan kepada pengunjung hotel, terutama untuk area publiknya. Kebersihan di area kamar memang sangat terjaga, namun berbeda dengan public space-nya.

Sebaiknya, baik area privasi maupun publik juga sama-sama lebih dioptimalkan kebersihannya karena hal tersebut juga bisa mempengaruhi kepuasan pengunjung.

Selain itu, Hotel Mitra juga bisa memberikan harga diskon ketika peak season agar jumlah orang yang menginap semakin bertambah mengingat banyak hotel yang juga sudah banyak berdiri di sekitar Hotel Mitra yang tentunya menjadi kompetitor baru.

Contoh laporan PKL Perhotelan di atas bisa menjadi referensi untuk siswa SMK yang mungkin sedang bingung menyusun laporannya. Dengan adanya contoh ini, maka siswa bisa menulis poin-poin penting yang dimiliki selama melakukan praktek kerja.

Mengingat PKL adalah bagian dari kurikulum siswa, maka adanya laporan sangatlah penting sebagai indikasi berhasil tidaknya siswa mengaplikasikan teori yang sudah didapatkan selama bersekolah. Jadi, jangan bingung lagi membuat laporan dengan adanya contoh ini.

Editor: Jinan Vania Barizky