Fakta.id

Cara Penulisan Ijazah yang Benar (Aturan dan Tipsnya)

Mendy - 17-08-2023 08:05
Cara Penulisan Ijazah yang Benar (Aturan dan Tipsnya)
Cara Penulisan Ijazah yang Benar (Aturan dan Tipsnya)

Selama ini Anda mungkin penasaran siapa yang melakukan penulisan ijazah yang benar. Biasanya seseorang dengan tulisan bagus dan konsisten melakukannya.

Contents [ Buka ]

Kelulusan merupakan momen yang ditunggu-tunggu pelajar untuk naik ke jenjang pendidikan selanjutnya. Salah satu bukti kelulusan itu sendiri adalah hadirnya ijazah. Selama ini, Anda mungkin merasa penasaran dengan tata cara penulisan ijazah yang benar.

Pada dasarnya, keberadaan ijazah masih sangat krusial di tanah air. Misalnya untuk melamar pekerjaan maupun mendaftar ke instansi pendidikan yang lebih tinggi. Adapun penulisan ijazah sendiri tidak bisa sembarangan karena formatnya harus sesuai.

Masih banyak yang mengandalkan tulisan tangan dalam sebuah ijazah. Namun hal terpenting yang harus diingat adalah tata cara penulisan ijazah harus tepat. Bagi yang merasa penasaran tentang penulisan ijazah, bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Mengapa Penulisan Ijazah Harus Tepat?

Perlu diingat bahwa ijazah sendiri merupakan salah satu bukti dari kelulusan seseorang. Adapun penulisan ijazah sendiri menjadi tugas sekolah, namun biasanya menunjuk seseorang yang dipercaya. Tidak semua orang bisa menuliskan ijazah dengan benar.

Lalu, mengapa penulisan ijazah yang benar penting dilakukan? Berikut beberapa alasannya.

1. Tulisan dalam Ijazah Harus Konsisten

Pada dasarnya, penulisan huruf dalam ijazah memang harus konsisten. Misalnya dalam hal penggunaan huruf kecil dan huruf besar. Hal ini bisa membuat ijazah jadi terlihat rapi dan dikerjakan oleh profesional.

2. Typo dalam Ijazah Itu Fatal

Perlu diingat bahwa typo dalam penulisan ijazah merupakan hal fatal. Tak jarang seseorang harus mengurusi dokumen seperti ini dalam waktu lama. Terlebih ijazah sendiri merupakan salah satu dokumen krusial yang harus ada pada kebanyakan lowongan pekerjaan.

Kesalahan penulisan satu huruf saja bisa membuat Anda kerepotan. Oleh sebab itu, hanya orang yang sudah ahli saja yang sebaiknya ditunjuk untuk menuliskan ijazah.

3. Ijazah Merupakan Salah Satu Dokumen Paling Krusial

Perlu diingat bahwa ijazah merupakan salah satu jenis dokumen paling penting keberadaanya bagi kehidupan seseorang. Terlebih bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tidak sedikit yang merasa khawatir ketika mendapati ijazahnya hilang.

Ijazah juga menjadi salah satu persyaratan utama untuk melamar pekerjaan. Jika terdapat kesalahan dalam penulisan ijazah, tentunya hal tersebut cukup rumit diurus.

Siapa yang Berhak Menuliskan Ijazah?

Tidak sedikit yang mencari tahu, sebenarnya siapa yang bisa menuliskan ijazah? Penulisan ijazah yang tepat biasanya diputuskan oleh sekolah terkait. Pihak sekolah akan menunjuk seseorang kepercayaannya untuk menuliskan berbagai keterangan yang dibutuhkan di ijazah.

Biasanya pihak sekolah akan mengusahakan mereka yang sudah berpengalaman di bidangnya. Jika memiliki tulisan rapi dan konsisten tentunya menjadi pertimbangan utama. Mengingat tulisan dalam ijazah sendiri memang harus rapi, bahkan cukup mengedepankan estetika.

Persiapan Penulisan Ijazah yang Benar

Perlu diingat bahwa menulis ijazah merupakan sebuah tugas yang penuh dengan tanggung jawab. Bagaimana tidak, Anda akan dihadapkan dengan sebuah dokumen penting dalam kehidupan seseorang. Sebenarnya, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menuliskan ijazah dengan tepat?

1. Memastikan Kondisi Tubuh Prima

Pada dasarnya, pekerjaan penulisan ijazah yang tepat memang tidak menggerakkan semua anggota tubuh. Melainkan tangan untuk menulis adalah yang paling utama. Meski demikian, tentunya kondisi tubuh harus sehat dan prima bukan?

Hal ini secara tidak langsung bisa mempengaruhi tulisan yang dihasilkan. Penting untuk menjaga kondisi tubuh agar senantiasa penuh energi yang cukup. Terlebih jika jumlah ijazah yang dikerjakan cukup banyak.

2. Menyiapkan Alat Tulis yang Sesuai

Langkah berikutnya jika ingin melakukan penulisan ijazah yang benar adalah menyiapkan alat tulis yang tepat. Misalnya bisa dengan pensil dengan goresan cukup tipis. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan agar menghindari kesalahan dalam menulis.

Pensil yang terlalu tebal akan meningkatkan risiko penulisan ijazah jadi keliru. Oleh karena itu, sangat disarankan memilih ukuran pensil tipis agar Anda bisa mendapatkan gambarannya terlebih dahulu.

3. Memperhatikan Kualitas Alat Tulis

Tidak hanya persiapan alat tulis yang harus dilakukan, Melainkan kualitas alat tulis itu sendiri.Apabila memilih pensil berkualitas jelek, maka penulisan ijazah pun jadi kurang sedap dipandang mata.

Tidak hanya pensil yang harus disiapkan, melainkan dua penggaris. Adapun penggaris tersebut nantinya akan digunakan diantara tulisan. Hal ini dilakukan untuk menghindari agar tulisan dalam ijazah tidak miring.

Cara Penulisan Ijazah yang Benar

Seseorang yang mengemban tugas menuliskan ijazah tentunya memiliki tanggung jawab besar. Terlebih jika jumlah ijazah yang harus ditulis tidak sedikit. Oleh karena itu, penting untuk mencari cara paling efektif agar Anda bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik, berikut beberapa tipsnya.

Menyiapkan Blangko Contoh Ijazah

Hal paling krusial satu ini tidak boleh terlewatkan karena bisa menjadi acuan bagi Anda agar bisa menuliskan ijazah dengan tepat. Gunakan blangko contoh ijazah yang terisi data lengkap agar tidak merasa kebingungan ketika menuliskannya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah menyesuaikannya dengan akta kelahiran, nomor ujian, dan sebagainya. Penulisan ijazah yang benar adalah dengan mencetak satu contoh ijazah yang sudah terisi data lengkap di dalamnya.

Menggunakan Pena Terbaik

Sebenarnya, tidak ada anjuran menggunakan pena merek tertentu untuk menuliskan ijazah. Hanya saja, sangat disarankan memilih pena yang mendukung penulisan huruf yang besar dan jelas. Selain itu, tentunya tulisan juga harus bersih, rapi, dan mudah ketika melakukan pergantian tinta.

Beberapa orang mungkin jadi tidak bisa mengira sendiri berapa tinta yang dibutuhkan. Sebagai contoh, penulisan ijazah yang tepat bisa menggunakan pena dengan ukuran ujung 0,3 mm.

Menyiapkan Tempat, Waktu, dan Suasana yang Sesuai

Anda mungkin sudah memiliki alat tulis terbaik untuk menuliskan ijazah. Bahkan mungkin sudah menyiapkan contoh penulisan ijazah agar tidak salah. Namun, perlu diketahui bahwa hal seperti itu saja tidak cukup untuk menghasilkan tulisan ijazah yang rapi dan mudah dipahami.

Beberapa hal krusial yang harus diperhatikan adalah waktu, tempat, dan suasana ketika menuliskan ijazah. Hindari menuliskan ijazah di sekolah karena banyak distraksi di dalamnya.

Terlebih jika Anda menuliskannya di waktu mengajar, maka kemungkinan terjadi kesalahan cukup besar. Sebaiknya pilih tempat yang cukup tenang agar ijazah yang dihasilkan mengagumkan.

Menyiapkan Kepercayaan Diri dengan Porsi yang Sesuai

Cara penulisan ijazah yang benar selanjutnya yaitu menyiapkan kepercayaan diri yang baik. Jangan sampai ragu menuliskan ijazah seseorang karena pada akhirnya akan mengakibatkan kekeliruan dalam menulis. Jika sudah salah dalam menuliskan ijazah, Anda harus mencari blangko baru.

Tak jarang hal ini bisa membuat pekerjaan menjadi kurang efektif dilakukan. Oleh karena itu, sangat disarankan menuliskan ijazah di tempat yang tenang dan jauh dari kata ramai. Hal ini semata-mata dilakukan agar hasil penulisan ijazah tepat sehingga pihak sekolah bisa langsung membagikannya.

Tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan penulisan ijazah yang benar. Hanya seseorang dengan tulisan rapi dan konsisten saja yang bisa menyelesaikan pekerjaan satu ini. Biasanya pihak sekolah akan menunjuk orang yang sudah berpengalaman dalam menuliskan ijazah siswa dan siswinya.

Editor: Jinan Vania Barizky

TAGS