Struktur Kurikulum Merdeka SD dibagi berdasarkan empat jenjang. Diantaranya adalah kelas satu, kelas dua, kelas tiga, empat, lima, dan kelas enam.
Pada Tahun Ajaran (TA) 2021/2022, pemerintah telah mengganti struktur kurikulum pendidikan menjadi Kurikulum Merdeka. Dengan begitu, setiap jenjang sekolah menggunakan kurikulum yang baru. Seperti halnya Sekolah Dasar (SD), berganti menggunakan struktur Kurikulum Merdeka SD.
Kabarnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) bakal menjadikan Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum nasional pada 2024 mendatang. Tentu hal ini tidak secara langsung diterapkan secara mengikat.
Namun perlahan dan secara bertahap, sehingga para tenaga pendidik bisa mempersiapkannya dengan baik. Pun para siswa juga bisa beradaptasi dengan kurikulum baru yang diterapkan. Dengan begitu, suasana belajar tetap kondusif dan tidak ada gap.
Apa itu Struktur Kurikulum Merdeka?
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum terbaru yang saat ini diterapkan oleh hampir semua sekolah di Indonesia. Kurikulum ini memberikan ruang lebih besar kepada tenaga pendidik untuk menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan para murid.
Melalui kurikulum ini, tenaga pendidik tidak harus mengacu pada buku ajar yang dimiliki. Namun mereka bisa mengembangkan cara belajar maupun materi yang sesuai dengan peserta didik. Dengan begitu, pengetahuan yang didapat bisa tepat sasaran.
Struktur Kurikulum Merdeka SD
Dalam struktur Kurikulum Merdeka yang telah dirancang oleh Kemdikbud Ristek, tenaga pendidik bisa mendapatkan rincian mata pelajaran yang digunakan, jumlah pembelajaran, alokasi proyek penguatan profil pelajaran Pancasila, hingga total jam pelajaran yang didapatkan dalam satu tahun.
Struktur Kurikulum Merdeka SD terbagi dalam empat kategori. Diantaranya yaitu kelas satu, kelas dua, kelas tiga, empat, dan lima, hingga kelas enam. Masing-masing jenjang kelas akan mendapatkan jenis mata pelajaran yang sama.
Untuk mata pelajaran agama, diikuti peserta didik sesuai dengan agama masing-masing. Selain itu, tiap sekolah juga harus menyelenggarakan minimal satu jenis mata pelajaran seni dan budaya yang telah dicantumkan dalam kurikulum. Baik itu seni musik, rupa, teater, maupun tari.
Kelas 1
Struktur Kurikulum Merdeka kelas satu SD memiliki alokasi intrakurikuler sebanyak 23 jam pelajaran per minggu atau 828 jam pelajaran per tahun. Adapun total jam pelajaran tersebut tidak termasuk mata pelajaran bahasa Inggris, muatan lokal, dan mata pelajaran tambahan.
Dengan begitu, murid memiliki total jam pelajaran sebanyak 1.080 per tahun. Selain belajar tentang mata pelajaran wajib, murid kelas satu juga berkesempatan mengeksplorasi dan mengembangkan keterampilan sesuai bidang yang diminati dengan porsi 252 jam pelajaran per tahun.
Mata pelajaran |
Alokasi intrakurikuler per tahun (minggu) |
Alokasi Waktu yang Tidak Terikat dengan Pelajaran Apapun per tahun |
Total jam pelajaran per tahun |
Pendidikan agama Islam dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan agama Kristen dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan agama Katolik dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan agama Buddha dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan agama Hindu dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan agama Khonghucu dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan Pancasila |
144 (4) |
36 |
180 |
Bahasa Indonesia |
216 (6) |
72 |
288 |
Matematika |
144 (4) |
36 |
180 |
Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan |
108 (3) |
36 |
144 |
Seni dan budaya
|
108 (3) |
36 |
144 |
Bahasa Inggris |
72 (2) |
- |
72 |
Muatan Lokal |
72 (2) |
- |
72 |
Total |
828 (23) |
252 |
1.080 |
Kelas 2
Berbeda dari kelas satu, kelas dua memiliki total jam pelajaran intrakurikuler sebanyak 25 kali perminggu atau 900 kali per tahun. Sementara total jam pelajaran untuk alokasi projek penguatan profil Pancasila sebanyak 252 kali per tahun.
Mata pelajaran |
Alokasi intrakurikuler per tahun (minggu) |
Alokasi Waktu yang Tidak Terikat dengan Pelajaran Apapun per tahun |
Total jam pelajaran per tahun |
Pendidikan agama Islam dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan agama Kristen dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan agama Katolik dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan agama Buddha dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan agama Hindu dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan agama Khonghucu dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan Pancasila |
144 (4) |
36 |
180 |
Bahasa Indonesia |
252 (7) |
72 |
324 |
Matematika |
180 (5) |
36 |
216 |
Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan |
108 (3) |
36 |
144 |
Seni dan budaya |
108 (3) |
36 |
144 |
Bahasa Inggris |
72 (2) |
- |
72 |
Muatan Lokal |
72 (2) |
- |
72 |
Total |
900 (25) |
252 |
1.152 |
Kelas 3, 4, dan 5
Kelas tiga sampai lima memiliki porsi total jam pelajaran sebanyak 1.296 kali dengan kegiatan intrakurikuler sebanyak 29 kali per minggu atau 1044 kali per tahun. Sementara alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila sebanyak 252 kali per tahun.
Mata pelajaran |
Alokasi intrakurikuler per tahun (minggu) |
Alokasi Waktu yang Tidak Terikat dengan Pelajaran Apapun per tahun |
Total jam pelajaran per tahun |
Pendidikan agama Islam dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan agama Kristen dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan agama Katolik dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan agama Buddha dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan agama Hindu dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan agama Khonghucu dan budi pekerti |
108 (3) |
36 |
144 |
Pendidikan Pancasila |
144 (4) |
36 |
180 |
Bahasa Indonesia |
216 (6) |
36 |
216 |
Matematika |
180 (5) |
36 |
216 |
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPAS) |
180 (5) |
36 |
216 |
Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan |
108 (5) |
36 |
144 |
Seni dan budaya |
108 (3) |
36 |
144 |
Bahasa Inggris |
72 (2) |
- |
72 |
Muatan Lokal |
72 (2) |
- |
72 |
Total |
1044 (29) |
252 |
1.296 |
Kelas 6
Sementara untuk kelas enam, total jam pelajaran yang diberikan dalam kurikulum ini sebanyak 1.152 per tahun. Total alokasi kegiatan intrakurikulernya adalah 29 kali per minggu atau 928 kali per tahun. Adapun total alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila sebanyak 224 jam pelajaran per tahun.
Mata pelajaran |
Alokasi intrakurikuler per tahun (minggu) |
Alokasi Waktu yang Tidak Terikat dengan Pelajaran Apapun per tahun |
Total jam pelajaran per tahun |
Pendidikan agama Islam dan budi pekerti |
96 (3) |
32 |
128 |
Pendidikan agama Kristen dan budi pekerti |
96 (3) |
32 |
128 |
Pendidikan agama Katolik dan budi pekerti |
96 (3) |
32 |
128 |
Pendidikan agama Buddha dan budi pekerti |
96 (3) |
32 |
128 |
Pendidikan agama Hindu dan budi pekerti |
96 (3) |
32 |
128 |
Pendidikan agama Khonghucu dan budi pekerti |
96 (3) |
32 |
128 |
Pendidikan Pancasila |
128 (4) |
32 |
160 |
Bahasa Indonesia |
192 (6) |
32 |
224 |
Matematika |
160 (5) |
32 |
192 |
Ilmu Pengetahuan dan Sosial (IPAS) |
160 (5) |
32 |
1192 |
Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan |
96 (3) |
32 |
128 |
Seni dan budaya |
96 (3) |
32 |
128 |
Bahasa Inggris |
62 (4) |
- |
64 |
Muatan Lokal |
62 (4) |
- |
64 |
Total |
928 (29) |
224 |
1.152 |
Struktur Kurikulum Merdeka SD terbagi atas kelas satu, kelas dua, kelas tiga, empat, lima, dan kelas enam. Masing-masing jenjang kelas memiliki total jam pelajaran dan alokasi kegiatan intrakurikuler maupun projek penguatan profil pelajar pancasila yang berbeda-beda.
Dengan begitu, peserta didik tidak hanya mendapat pengetahuan dari mata pelajaran wajib saja. Namun juga mendapat kesempatan mengeksplorasi hal-hal di luar mata pelajaran. Untuk informasi lebih spesifik, Anda bisa mengunduh struktur kurikulum di website resmi Kemdikbud.